IMG_2045

Karung Beras dengan Berbagai Fungsi

Beras merupakan kebutuhan pokok seluruh penduduk di Indonesia. Proses penyimpanan dan pendistribusian beras harus dilakukan dengan tepat dan benar agar seluruh warga bisa memperoleh beras dalam kualitas terbaik. Karung beras mempunyai peranan yang sangat besar dalam hal ini.

Dulu, goni digunakan sebagai bahan utama pembuatan karung dan dimanfaatkan oleh berbagai industri. Tapi saat ini, karung plastik jauh lebih disukai oleh berbagai industri. Karung plastik dinilai lebih ringan dan mempunyai ketahanan yang bagus terhadap air sehingga jauh lebih cocok untuk menyimpan produk.

Berbagai Fungsi Karung Beras

Ada banyak sekali fungsi yang diemban oleh karung plastik yang saat ini banyak digunakan sebagai wadah beras. Rupanya karung bukan sekedar wadah untuk menyimpan dan membawa beras. Tapi ada juga beberapa fungsi karung yang lainnya yang mungkin tidak terpikirkan oleh beberapa orang.

  1. Sebagai pelindung

Karung plastik bisa digunakan sebagai pelindung untuk produk yang tersimpan di dalamnya. Beras yang tersimpan dalam karung plastik akan terlindung dari berbagai ancaman seperti kontaminasi mikroba dan kotoran, benturan, kelembaban udara, dan dinar panas.

Seluruh ancaman dari luar tersebut bisa menurunkan kualitas atau bahkan merusak beras atau produk apapun. Karung plastik memastikan kualitas beras didalamnya tidak berkurang karena tidak terkena paparan berbagai ancaman dari luar.

  1. Memberi label produk

Selain untuk menyimpan hasil produksi seperti beras, karung juga merupakan salah satu cara untuk menandai atau melabeli produk. Karung plastik bisa dicetak sehingga akan menampilkan atau mencantumkan merek dan logo yang membedakan beras yang satu dengan yang lainnya.

Desain logo dan label pada kemasan karung bisa menjadi sarana iklan dan promosi. Tampilan yang unik pada kemasan bisa menarik konsumen untuk membeli produk beras tertentu. Hal ini bisa meningkatkan penjualan produk beras tersebut.

  1. Wadah yang aman untuk membawa beras

Karung beras yang terbuat dari plastik mempunyai kualitas dan ketahanan yang sangat bagus. Karena terbuat dari plastik, air tidak mudah memasuki karung sehingga tidak bisa mengkontaminasi produk yang ada di dalamnya. Karung dari plastik juga tidak mudah sobek dan rusak.

Selama proses distribusi, karung plastik dengan kualitas yang bagus bisa menjaga beras tetap aman. Sehingga beras bisa diterima oleh pembeli dengan kualitas yang tidak berkurang sedikitpun. Dan karena tidak mudah sobek, maka beras tidak akan tercecer dengan mudah.

Dengan begitu, jumlah beras tidak akan berkurang berkat kualitas karung plastik yang digunakan selama penyimpanan dan pendistribusian.

Berbagai Jenis Karung yang Tersedia di Pasaran

Meskipun saat ini karung dari plastik merupakan yang paling terkenal dan banyak digunakan, ada beberapa jenis karung lain yang digunakan untuk membawa hasil bumi. Di bawah ini beberapa jenis karung yang sering digunakan untuk mengemas dan mendistribusikan berbagai produk.

  1. Karung polos

Karung jenis ini cukup tebal dan tidak terdapat print atau cap di permukaannya. Ada list pada bagian samping kiri dan kanan karung yang berwarna orange atau kuning. Ada juga list yang berwarna biru.

  1. Karung transparan

Jenis karung yang satu ini mempunyai tampilan yang lebih transparan dibandingkan dengan karung polos. Pada jenis karung transparan, list yang digunakan berwarna hijau dan merah.

  1. Karung plastik kecil

Karung beras yang satu ini berukuran kecil dan terbuat dari bahan plastik. Kualitas plastik yang digunakan cukup bagus sehingga karung plastik bisa lebih tahan lama.

  1. Karung laminasi

Merupakan jenis karung yang juga terbuat dari bahan plastik. Tapi permukaan karung ini penuh warna dan menampilkan berbagai merek. Setiap pengusaha hasil bumi bahkan bisa memesan karung laminasi dengan desain sendiri. Proses pembuatannya bervariasi, biasanya kurang dari 2 bulan.

  1. Karung krem

Adalah jenis karung yang bahan pembuatannya merupakan campuran dari berbagai bahan daur ulang. Karung krem biasanya digunakan oleh petani garam, pabrik pupuk, cangkang kelapa, batubara, kelapa sawit, serta berbagai industri yang lainnya.

Karung krem merupakan jenis karung yang paling murah dibandingkan dengan berbagai jenis yang lainnya. Biasanya, jenis karung yang satu ini digunakan untuk mengemas hasil pertambangan atau hasil pertanian.

Saat akan memilih karung beras, pastikan kualitasnya sangat bagus sehingga produk yang disimpan di dalamnya tidak akan mengalami penurunan kualitas. Dan pastikan untuk memesan karung dari produsen karung plastik terpercaya yang menyediakan kualitas terbaik dalam pembuatan karung.

Comments are closed.