61bfff532fd61e1f88e5555b_plastic jumbo bag

Karung Jumbo dalam Berbagai Jenis

Karung jumbo atau jumbo bag merupakan wadah atau kantong dengan dimensi yang besar. Bukan hanya dimensinya saja yang besar, tapi juga kapasitas tampung dan kekuatannya. Daya tampung jumbo bag bervariasi, ada yang mencapai 1000 hingga 2000 kg.

Jumbo bag dirancang agar mampu menampung, mengangkut, serta menyimpan produk dari berbagai perusahaan. Berbagai industri, seperti perkebunan, pertambangan, dan berbagai industri lainnya mendapat manfaat dengan kehadiran jumbo bag ini.

Penggunaan Karung Jumbo dalam Berbagai Industri

Jumbo bag seringkali digunakan dalam proses pengolahan dan untuk berbagai industri yang memerlukan kemasan jumbo. Di dalam dan luar negeri, jumbo bag sudah sering digunakan dalam skala besar. Penggunaan jumbo bag seringkali disertai dipadukan dengan palet kayu atau palet plastik di bagian bawahnya.

Jumbo bag sendiri terbuat dari bahan PP dan dibuat dengan menggunakan benang yang deniarnya lebih kuat dan tebal. Penambahan inner plastik dan coating atau laminasi membuat jumbo bag semakin kuat. 

Berbagai industri tertarik untuk menggunakan jumbo bag karena kemasan yang satu ini tergolong murah serta bisa digunakan berulang kali. Jumbo bag mempunyai spout atau corong pada bagian bawah atau atas atau keduanya. Setiap industri bisa memilih jenis jumbo bag sesuai kebutuhan.

Untuk mempermudah penggunaan, jumbo bag dilengkapi dengan handling berupa sling atau tali pada keempat sudut tas. Ada dua hal penting yang perlu diketahui mengenai jumbo bag, yaitu:

  • Hanya boleh digunakan satu kali saja

 Jika akan digunakan untuk mengemas bahan pangan, jumbo bag biasanya akan di laminasi dengan inner plastic terlebih dahulu. Inner plastic merupakan lapisan yang aman untuk produk pangan dan bersifat sekali pakai saja.

  • Bisa digunakan berulang kali

Jika karung jumbo hanya digunakan untuk memindahkan bahan mentah pada proses produksi atau untuk membawa produk non pangan, maka jumbo bag bisa digunakan berulang kali.

Setiap industri perlu mencari tahu fungsi jumbo bag yang akan digunakan. Dengan mengetahui fungsi jumbo bag tersebut, masing-masing industri akan menemukan jenis jumbo bag yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pahami juga model jumbo bag sebelum melakukan pemesanan.

Jumbo Bag dengan Berbagai Model

Banyak sekali model jumbo bag tersedia di berbagai produsen kantong plastik. Semua model tersebut dikelompokkan dalam tiga jenis utama, yaitu lifting, filling, dan discharging. Setiap jenis jumbo bag hadir dengan fungsi yang berbeda. Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

  1. Lifting option

Jenis jumbo bag yang satu ini dibedakan menjadi empat model. Masing-masing modelnya mempunyai perbedaan dalam hal handle atau pegangannya. Keempat model tersebut adalah:

  • Four model loop, jumbo bag yang mempunyai empat pegangan, masing-masing di bagian pojok karung jumbo yang berbentuk persegi empat.
  • Loop extended, yaitu jumbo bag yang pegangan atau handlenya terletak di dua dari empat sisi karung. Setiap pegangannya memanjang pada satu sisi sehingga menyediakan handle yang lebih mantap untuk membawa beban yang lebih berat.
  • Sleeve lift, merupakan jumbo bag dengan pegangan atau handle menyerupai loop extended tetapi mempunyai desain yang lebih nyaman untuk digenggam.
  • Stevedore, yaitu jumbo bag dengan pegangan menyerupai four model loop tetapi juga mirip dengan sleeve lift.
  1. Filling option

Jenis karung jumbo yang berikutnya juga dibedakan menjadi empat jenis. Tapi kali ini pembedanya berdasarkan cara pengisian jumbo bag. Keempat model jumbo bag berdasarkan cara pengisiannya adalah:

  • Full open top dengan bukaan atas yang lebar sehingga memudahkan proses pengisian berbagai jenis benda.
  • Fill spout mempunyai bagian atas yang mengerucut menyerupai corong sehingga memudahkan proses pengisian benda yang berukuran kecil.
  • Conical top mempunyai desain bagian atas berbentuk persegi yang semakin mengecil dari bagian pangkal ke ujungnya.
  • Duffle top, mempunyai bagian permukaan yang menyerupai gabungan antara fill spout dan conical top.
  1. Discharging option

Ada lagi empat model jumbo bag yang dibedakan berdasarkan desain bagian bawahnya. Keempat model jumbo bag tersebut adalah:

  • Plain bottom, bagian bawah rata dan mirip dengan full open top.
  • Discharge spout menyerupai fill spout yang terbalik.
  • Full open bottom yang bagian bawahnya terbuka lebar.
  • Conical bottom, menyerupai conical top yang terbalik.

Temukan Jumbo Bag Berkualitas Tinggi

Memilih karung jumbo tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Saat akan membeli jumbo bag, pastikan untuk memilih penyedia terpercaya yang menyediakan jumbo bag baru dan bekas. Pilih hanya jumbo bag berkualitas demi memastikan keamanan produk yang akan dimasukkan ke dalamnya.

Comments are closed.