IMG_2026

Karung Plastik dengan Berbagai Manfaat

Karung Plastik dengan Berbagai Manfaat – Dalam dunia bisnis maupun rumah tangga, karung plastik telah menjadi salah satu produk yang sangat dibutuhkan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan karung ini mempunyai karakteristik yang menarik, yaitu mudah terurai. Tidak heran banyak konsumen tertarik untuk menggunakan karung ini.

Disebut karung karena kantong ini memang mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kantong biasa. Bahan pembuatannya berupa benang plastik yang berasal dari biji plastik, kalsium karbonat CaCo3, Polyethylene PE, dan Polypropylene PP.

Manfaat Karung Plastik Di Dunia Bisnis

Kantong plastik berukuran jumbo ini sudah sangat sering ditemui dalam dunia bisnis. Anda pasti pernah melihat kantong plastik jumbo di berbagai swalayan dan pasar tradisional. Penggunaan kantong jumbo yang semakin banyak disebabkan oleh berbagai manfaat yang ditawarkannya, yaitu:

1. Mampu melindungi produk didalamnya

Karung dirancang dan digunakan dengan tujuan melindungi produk yang tersimpan didalamnya dari berbagai faktor lingkungan. Dengan digunakannya kantong plastik jumbo ini, produk akan terlindung dari kelembaban udara, sinar matahari, kontaminasi dari mikroba atau kotoran, dan benturan.

Seluruh faktor tersebut bisa mengurangi kualitas produk dan merusak produk. Agar produk yang disimpan bisa tetap mempunyai kualitas yang terjaga, diperlukan karung yang mempunyai karakter sesuai dengan produk yang akan disimpan.

2. Sebagai wadah atau sarana penyimpanan

Karung plastik juga merupakan sarana yang tepat untuk menyimpan produk, khususnya selama proses distribusi berlangsung. Proses distribusi yang berlangsung dari produsen sampai ke konsumen seringkali membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga diperlukan kantong yang kuat.

Kantong plastik jumbo mampu menjaga produk agar terhindar dari kerusakan dan produk pun tidak akan tercecer. Produsen pun bisa menggunakan karung sebagai sarana penyimpanan produksi untuk kemudian disimpan di gudang hingga proses distribusi siap untuk dilakukan.

Berbagai hasil produksi yang bisa disimpan dengan menggunakan karung plastik antara lain:

• Hasil proses produksi: pakan ternak, gula, tepung, kapur, bahan kimia, zeolite, mortar, briket, arang, dan sebagainya.

• Komoditi Hasil perkebunan atau hasil bumi: sawit, cengkeh, asam, kemiri, pala, keledai, ketan, jagung, beras, dan lain-lain.

• Hasil tambang: batu apung, aspal, batu bara, dan sebagainya.

Beberapa Jenis Kantong Jumbo yang Tersedia

Saat ini ada banyak sekali jenis kantong plastik jumbo yang bisa Anda temukan di pasaran. Hal ini menandakan eksistensinya yang semakin meningkat. Diantara sekian banyak jenis kantong jumbo yang ada, di bawah ini merupakan beberapa jenis yang paling sering ditemui :

1. Karung Plastik Laminasi

Biasanya, karung jenis ini digunakan sebagai kemasan beras. Seringkali, kantong jumbo dari plastik ini mendapatkan sentuhan laminasi dengan teknik printing atau sablon. Karung laminasi mempunyai fungsi tambahan selain sebagai kemasan. Fungsi lain karung ini adalah sebagai media promosi.

Dengan adanya printing atau sablon pada kemasan karung jumbo, Anda bisa memperkenalkan produk kepada para pembeli dengan lebih mudah. Desain yang ditampilkan pada karung laminasi biasanya mempunyai warna yang menarik dan bervariasi agar bisa memikat para pelanggan.

2. Karung Plastik Polos

Jenis kantong jumbo dari plastik yang berikutnya adalah kantong polos yang bahannya sangat tebal. Biasanya, kantong yang satu ini tidak mempunyai printing atau gambar apapun di bagian luarnya. Warna dasar kantong ini adalah putih dan terbuat dari benang plastik yang disulam.

Sulaman pada kantong jumbo polos lebih berdempetan. Dengan desain tersebut, pengguna bisa memanfaatkan kantong plastik ini sebagai wadah untuk berbagai produk yang berupa tepung-tepungan.

3. Karung krem

Kemudian ada juga jenis kantong plastik jumlah yang berwarna krem. Warna ini biasanya didapatkan dari proses daur ulang plastik. Biasanya, kantong plastik jumbo ini digunakan oleh berbagai pabrik seperti pabrik pupuk, cangkang kelapa, batubara, dan kelapa sawit.

Harga karung plastik jumbo krem lebih murah dibandingkan dengan harga karung plastik jenis lainnya. 

Tidak heran jika jenis kantong plastik jumbo yang satu ini seringkali dimanfaatkan sebagai kemasan untuk berbagai hasil tambang maupun hasil pertanian.

Selain tiga jenis karung plastik diatas, masih banyak jenis kantong plastik jumbo lainnya. Setiap jenis kantong plastik mempunyai kelebihan tersendiri dan tentunya tingkat kualitas yang berbeda. Dapatkan kantong plastik jumbo yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Comments are closed.