IMG_2045

Plastik Indonesia Jenis PP Berkualitas Tinggi

Plastik Indonesia Jenis PP Berkualitas Tinggi – Diantara banyak sekali jenis plastik Indonesia, dua yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Polyethylene atau PE dan Polypropylene atau PP. Kedua jenis plastik ini memang sangat berguna, lebih berguna dibandingkan dengan jenis lainnya.

Yang manakah jenis plastik yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda? Agar bisa memilih jenis yang terbaik, pastikan untuk memahami kedua jenis plastik yang paling terkenal tersebut. Pertama-tama, kenali dulu apa itu plastik PP dan apa saja kelebihannya.

Berbagai Jenis Plastik Polypropylene

Plastik PP merupakan polimer yang dibuat dari monomer propylene. Jenis plastik ini merupakan jenis kedua yang paling banyak diproduksi di seluruh dunia dan banyak digunakan di industri plastik Indonesia. PP bisa dimodifikasi sesuka hati dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada dua jenis plastik PP yang sebaiknya Anda pahami sebelum memilih kantong plastik jumbo dari bahan yang satu ini.

1. PP Homopolymer

Jenis pertama plastik PP ini merupakan yang terbanyak digunakan di Indonesia. Anda bisa menemukan jenis plastik homopolymer di berbagai industri, termasuk di industri kemasan, kelistrikan, otomotif, dan tekstil. Dibandingkan dengan jenis plastik PP yang lainnya, bahan PP homopolymer jauh lebih kaku dan lebih kuat.

2. PP Copolymer

Agar menghasilkan jenis plastik PP yang satu ini, perlu dilakukan pencampuran antara propena dan etena pada tahapan polimerisasi. Campuran tersebut menghasilkan plastik PP yang lebih fleksibel dibandingkan dengan jenis yang pertama. Jenis plastik PP copolymer sangat cocok untuk produksi plastik dengan visual yang bagus dan transparansi yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Plastik PP Indonesia

Hal lain yang wajib dipelajari sebelum menentukan bahan plastik apa yang akan Anda gunakan dalam dunia bisnis adalah kelebihan serta kelemahan bahan plastik. 

Seperti berbagai jenis plastik yang lainnya, plastik PP juga mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Kelebihan plastik PP

Plastik PP adalah bahan yang sangat bagus untuk membuat plastik kemasan. Proses produksi dengan bahan plastik ini membutuhkan biaya yang relatif murah. Disamping itu, plastik PP juga mempunyai kombinasi yang cukup baik.

Beberapa hal yang membuat plastik PP menjadi plastik favorit berbagai industri di Indonesia antara lain fleksibilitasnya, ketahanannya terhadap benturan, serta kekuatannya. Plastik PP bahkan bisa digunakan sebagai bahan untuk berbagai komponen kelistrikan.

Kelemahan plastik PP

Meskipun mempunyai kelebihan, plastik PP tetap saja membawa sedikit kelemahan. Misalnya, plastik PP mempunyai ketahanan terhadap beberapa senyawa basa dan asam. Tapi sayangnya jenis plastik PP juga mudah terdegradasi apabila terkena zat pengoksidasi dan hidrokarbon.

Selain itu, plastik PP juga merupakan salah satu bahan yang lebih mudah terbakar. Jenis plastik ini akan otomatis menjadi lebih rapuh jika suhu di sekelilingnya mencapai minus 20 derajat Celcius. Plastik PP juga akan kehilangan kekuatan struktur jika suhu mencapai 120 derajat Celcius.

Hal lain yang bisa membuat bahan plastik PP menjadi rapuh adalah paparan sinar ultraviolet. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum memilih jenis plastik yang satu ini.

Pengaplikasian Plastik Jenis PP

Jenis plastik yang satu ini bisa digunakan di berbagai industri. Ada berbagai industri di Indonesia yang menggunakan plastik PP sebagai bahan utama, dan bukannya jenis plastik yang lainnya. Beberapa contoh pengaplikasian bahan plastik yang satu ini antara lain :

1. Kemasan hasil produk

Plastik PP seringkali digunakan sebagai bahan utama pembuatan berbagai jenis kemasan. Berbagai industri memanfaatkan plastik PP untuk menciptakan plastik shrink wrap dan berbagai peralatan elektronik. Plastik PP juga bisa digunakan untuk kemasan makanan satu kali pakai.

2. Tekstil

Plastik PP juga bisa dipintal untuk membuat serat yang nantinya akan digunakan lagi dalam proses pembuatan benang. Hasilnya, benang bisa dibuat dengan sangat kuat tanpa menghabiskan banyak biaya.

3. Otomotif

Karena mudah untuk dibentuk, jenis plastik PP ini menjadi produk yang sangat banyak digunakan untuk berbagai komponen eksterior dan interior mobil. Misalnya, plastik PP sering digunakan dalam pembuatan bemper mobil, panel-panel mobil, serta fender mobil.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan plastik PP di Indonesia. Mengingat berbagai kelebihannya, Anda juga bisa mempertimbangkan plastik PP dalam bisnis Anda.

Comments are closed.