IMG_2037

Biji Plastik Daur Ulang Berkualitas Tinggi

Hampir setiap orang sudah sangat familiar dengan kemasan plastik. Tapi tidak semuanya mengenal bahan yang dikenal dengan nama biji plastik. Bahan yang satu ini berbentuk butiran dan biasanya mempunyai warna putih bening. Bahan ini digunakan untuk membuat berbagai produk plastik.

Beberapa contoh produk plastik yang dibuat dengan menggunakan bahan ini antara lain produk otomotif, produk elektronik, dan produk rumah tangga. Biji ini sendiri sebenarnya berasal dari suatu bahan kimia. Kenali lebih jauh tentang bahan multifungsi ini di halaman ini.

Bahan Utama dan Jenis Biji Plastik

Styrene monomer merupakan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan bahan plastik ini. Bahan kimia tersebut dicampur dengan beberapa bahan kimia yang lain. Kemudian seluruh bahan tersebut akan dipanaskan sehingga membentuk silinder memanjang dengan tekstur cair.

Silinder tersebut kemudian diubah menjadi keras agar bisa dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ada setidaknya 2 jenis biji plastik yang saat ini tersedia di pasaran.

1. Biji plastik asli

Merupakan bahan plastik yang terbuat dari styrin monomer dan dibuat melalui proses yang dijelaskan sebelumnya. Jenis bahan yang satu ini masih harus didatangkan dari negara lain. Proses impor inilah yang menyebabkan harga bahan plastik asli lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

2. Biji plastik recycle

Kemudian ada bahan plastik recycle atau daur ulang. Jenis yang satu ini berasal dari limbah plastik. Limbah plastik akan dihancurkan dengan bantuan mesin pencacah. Setelah menjadi butiran yang berukuran kecil, limbah plastik pun sudah siap untuk diolah lagi.

Bahan plastik dari limbah plastik daur ulang ini lebih murah dibandingkan dengan jenis bahan yang sebelumnya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga lebih mudah memperoleh jenis bahan plastik yang satu ini. Hal ini karena banyaknya limbah plastik yang ada di sekitar kita.

Dengan melimpahnya limbah plastik, peluang usaha produksi bahan plastik. Bahan plastik daur ulang sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis berbeda. Masing-masing jenisnya mempunyai kualitas dan tujuan yang berbeda.

Berbagai Jenis Plastik Daur Ulang

Jenis plastik daur ulang masih dibagi lagi menjadi berbagai jenis. Ada lebih dari 5 jenis bahan plastik yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Di bawah ini merupakan beberapa jenis yang paling terkenal dan sering digunakan dalam pembuatan berbagai produk plastik.

1. PET

Banyak orang mengenal jenis plastik ini sebagai fiber anti kerut. Jenis plastik ini tidak sama dengan tas plastik pada umumnya. Biasanya, bahan PET digunakan sebagai bahan kemasan minuman dan makanan.

Hal ini karena bahan PET mampu menjaga makanan agar tetap kedap udara.

Bahan PET juga akan memastikan bahwa gar karbon dioksida yang terkandung dalam minuman berkarbonasi tetap utuh.

2. HDPE

Bahan HDPE atau high density polyethylene merupakan bahan yang cukup kuat, tebal, dan padat, jika dibandingkan dengan PET.

HDPE seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan kantong belanja, botol kemasan obat, botol shampoo, botol jus, dan karton susu.

3. PVC

Polyvinyl chloride atau PVC adalah bahan pembuatan plastik yang seringkali digunakan membuat berbagai jenis produk. Contoh produk yang terbuat dari PVC antara lain mainan anak-anak, kantong darah, perlengkapan medis, binder, dan pembungkus plastik.

PVC yang sering disebut sebagai vinyl merupakan bahan plastik terbanyak kedua yang sering digunakan. Bahan plastik pertama yang mengungguli PVC adalah PP.

4. LDPE

Low density polyethylene atau LDPE merupakan bahan plastik berikutnya yang cukup banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Terdapat struktur kimia polimer dalam bahan plastik yang satu ini sehingga jenis plastik LDPE sangat mudah untuk dibuat.

Polimer LDPE juga mempunyai rantai cabang cukup banyak sehingga produk plastik dari bahan ini tidak akan terlalu padat. Hasil pembuatan produk plastik dengan bahan ini biasanya berupa polyethylene yang lebih fleksibel dan lunak.

5. PP

Berikutnya adalah bahan plastik paling terkenal dan paling banyak digunakan, yaitu polypropylene. Bahan yang satu ini lebih tahan panas dan lebih kaku. Biasanya, PP digunakan sebagai wadah untuk menyimpan makanan panas.

Bahan Berkualitas untuk Berbagai Produk Plastik

Biji plastik PP merupakan jenis daur ulang yang bisa didapatkan dengan sangat mudah.

Caranya adalah dengan melakukan daur ulang berbagai jenis bahan yang terbuat dari plastik PP. Gunakan bahan plastik PP yang berkualitas untuk memproduksi produk plastik berkualitas tinggi

Comments are closed.