IMG_2023

Karung 50 Kg dalam Berbagai Jenis

Ada banyak sekali jenis karung yang terbuat dari berbagai bahan berkualitas. Salah satunya adalah karung 50 kg yang terbuat dari bahan plastik. Jenis karung yang terbuat dari plastik ini sebenarnya tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dan kapasitas, tidak hanya berukuran setengah kuintal saja.

Ada juga karung plastik yang kapasitasnya hanya 5 kg, 10 kg, dan seterusnya. Bahan pembuatan karung plastik berbagai kapasitas tersebut juga cukup bervariasi. Ada yang polos, ada yang transparan, dan ada juga yang dilaminasi. Ketahui berbagai jenis yang tersedia agar bisa memilih yang paling sesuai.

Bermacam-Macam Jenis Karung 50 Kg

Karung yang ukurannya tidak sampai 1 ton biasanya digunakan untuk mendistribusikan hasil tani seperti beras atau berbagai produk lainnya. Jenis karung ini digunakan untuk mengirimkan produk kepada konsumen dalam kemasan yang lebih ringan dan tidak terlalu besar.

Di bawah ini adalah beberapa jenis karung dari bahan plastik yang ukurannya tidak terlalu besar dan biasanya digunakan sebagai wadah untuk menyimpan dan mengirimkan beras.

  1. Karung polos putih

Jenis karung 50 kg yang pertama adalah karung polos yang berwarna putih. Karung yang satu ini berukuran 56cm x 90cm. Kisaran harga untuk karung plastik polos berwarna putih ini adalah sekitar 2.000 rupiah per lembarnya. Jenis karung ini bisa digunakan untuk mengemas beras maupun produk lainnya.

  1. Karung polos transparan

Seperti halnya jenis karung yang sebelumnya, karung yang satu ini juga berukuran 56cm x 90cm. Dibandingkan dengan karung polos putih, karung polos transparan dijual dengan harga yang lebih murah. Untuk kapasitas 50 kg, harga per lembarnya hanya sekitar 1.600 rupiah saja.

Harga yang lebih murah tersebut disebabkan oleh tingkat ketahanan plastik yang lebih rendah dibandingkan dengan ketahanan plastik polos berwarna putih.

  1. Jenis karung lainnya

Sebenarnya, masih ada beberapa jenis karung plastik lainnya yang juga biasa digunakan sebagai wadah beras. Misalnya ada karung sablon dan karung laminating atau laminasi. Sayangnya, kedua jenis karung tersebut tidak menyediakan kapasitas 50 kg.

Karung laminating dengan print OPP hadir dalam tiga pilihan kapasitas, yaitu 10 kg, 20 kg, dan 25 kg. Kisaran harganya sekitar 2.350 hingga 3.200 rupiah per lembarnya. Karung sablon juga hadir dengan tiga pilihan kapasitas, yaitu 10 kg, 20 kg, dan 25 kg. Hanya saja harganya jauh lebih murah.

Kisaran harga untuk karung sablon adalah sekitar 1.600 hingga 1.900 rupiah per lembarnya. Jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar, pertimbangkan karung polos putih atau transparan.

Ciri Karung Plastik Berkualitas

Saat akan memilih karung 50 kg atau karung yang kapasitasnya lebih rendah atau lebih besar, pastikan untuk memeriksa karung yang akan dibeli. Ada beberapa ciri yang seharusnya bisa ditemukan pada karung plastik. Ciri-ciri di bawah ini menandakan bahwa karung plastik tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

  1. Kualitas bahan dasar karung

Karung plastik yang berkualitas adalah yang terbuat dari bahan yang tidak tipis, kuat, dan tidak gampang sobek. Bahan yang dipakai untuk membuat karung plastik seharusnya juga tidak mudah bocor dan sanggup menahan beban produk yang akan dimasukkan ke dalamnya.

Selain itu, bahan yang dipakai untuk membuat karung plastik juga seharusnya bersifat netral serta tidak boleh bereaksi saat bersentuhan dengan produk yang disimpan di dalamnya.

  1. Jahitan yang aman

Jahitan pada karung yang terbuat dari plastik sangat mempengaruhi kualitas karung tersebut. Jika jahitan pada karung tidak rapi dan mudah terlepas, karung akan dengan mudah terbuka. Hal ini pertanda buruk karena produk di dalam karung bisa tercecer bahkan terbuang dan mengakibatkan kerugian.

Periksa jahitan pada karung plastik dan pastikan jahitan tersebut benar-benar rapat, aman, dan tidak mudah lepas. Sehingga produk apapun di dalamnya akan tetap tersimpan dengan aman meskipun melalui proses distribusi yang cukup panjang.

  1. Diproduksi oleh produsen terpercaya

Produsen dibalik karung plastik merupakan kunci keamanan dan kualitas karung tersebut. Jika produsen tidak mempunyai pengalaman atau profesionalisme, produk yang dihasilkan bisa jadi tidak mempunyai kualitas yang mumpuni.

Jika karung 50 kg tidak mempunyai kualitas yang bagus, produk yang disimpan di dalamnya bisa jadi akan mudah terkena kontaminasi sehingga menjadi rusak atau mengalami penurunan kualitas. Pastikan untuk membeli karung plastik hanya dari produsen yang bisa dipercaya dan sudah berpengalaman.

Comments are closed.